level 11 : hari kelima

Kamis, 27 September 2018

Mengenal Pubertas Sejak Dini

Disampaikan oleh kelompok 9, the kece squad. hhoho. ini materinya yaa..

A. Apa itu Pubertas?
Pubertas adalah masa transisi dari masa anak ke masa dewasa, yang ditandai dengan munculnya tanda–tanda seksual sekunder dan kemampuan bereproduksi dengan ditandai dengan perubahan hormonal, perubahan fisik, maupun perubahan psikologis dan sosial (Styne, 2000). Puber berasal dari kata latin Pubescere berarti mendapat pubes atau rambut kemaluan yaitu suatu tanda kelamin sekunder yang menunjukkan perkembangan seksual (Panuji & Umami, 1999).

Menurut Chaplin (1993:408), pubertas adalah periode-periode kehidupan dimana terjadi kematangan organ-organ seks mencapai tahap menjadi fungsional terhadap variasi yang jelas sekali diantara individu-individu yang berbeda, pada umumnya usia akhir periode untuk anak perempuan adalah 13 tahun dan pada anak laki-laki 14 tahun.

Pubertas bukan merupakan peristiwa yang tiba-tiba terjadi, tetapi merupakan suatu refleksi maturasi yang bertahap dari aksis hipotalamus-hipofisisgonad yang dimulai sejak masa janin sampai masa pubertas, dimana tiap periode mempunyai karakteristik tertentu.


πŸŒˆπŸŒˆπŸŒˆπŸŒˆπŸ„πŸ„πŸŒˆπŸŒˆπŸŒˆπŸŒˆ

B. Ciri-ciri pubertas
Ciri tubuh anak sudah mulai memasuki usia puber
Puber atau pubertas merupakan tanda anak sudah mulai memasuki usia remaja. Pada saat ini, anak mengalami berbagai perubahan, terutama perubahan fisiknya. Perubahan fisik anak laki-laki dan perempuan saat memasuki usia pubertas berbeda, usia mulai pubertas juga berbeda antar keduanya. Biasanya, anak perempuan lebih cepat memasuki usia pubertas dibandingkan dengan laki-laki.

Pubertas pada anak perempuan
Perempuan biasanya sudah memasuki usia pubertas pada usia 8-13 tahun. Usia ini sangat bervariasi, bahkan ada yang lebih dini sebelum usia 8 tahun atau lebih lambat setelah usia 13 tahun.

Tanda pertama pubertas
Tanda pertama pada anak perempuan pubertas biasanya adalah puting payudara yang mulai muncul. Bagian payudara biasanya menjadi sangat lembut dan mulai membesar setelah beberapa bulan. Selain itu, rambut pada kemaluan juga sudah mulai tumbuh, diikuti dengan pertumbuhan rambut pada ketiak. Jika anak sudah mengalami pertumbuhan payudara dan pertumbuhan rambut pada kemaluan dan ketiak, tandanya sebentar lagi anak akan mencapai puncak pertumbuhannya dan juga akan mengalami menarche.

Apa yang terjadi selanjutnya?
Kurang lebih setelah 1-2 tahun tanda-tanda pertama pubertas tersebut muncul, kemudian tubuh anak akan mulai membangun lemak, terutama di dada dan sekitar pinggul dan paha, mengarah seperti perempuan dewasa. Tubuh anak akan mulai membesar, terutama pada lengan, paha, tangan, dan kaki anak. Pada saat ini, berat badan anak perempuan akan bertambah.

Selain tubuh anak yang mulai besar karena terjadi peningkatan lemak dan berat badan, tinggi anak juga bertambah. Ingat, puncak pertumbuhan tinggi badan pada perempuan terjadi sebelum anak perempuan mendapatkan menarche. Oleh karena itu, sebelum anak perempuan mendapatkan menarche, penting bagi Anda untuk selalu mencukupi kebutuhan nutrisinya untuk membaantu memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan anak.

Banyak orang berpikir bahwa tanda anak perempuan sudah memasuki usia pubertas adalah pada saat ia sudah mendapatkan menstruasi pertamanya (menarche). Namun, jauh sebelum itu, ketika tubuh anak sudah menunjukkan berbagai perubahan menuju ke bentuk tubuh seperti perempuan dewasa, sebenarnya anak sudah memasuki usia puber.

Menarche biasanya dimulai sekitar 18 bulan sampai 2 tahun setelah anak menunjukkan tanda-tanda pubertas pertamanya. Pada umumnya, anak perempuan mendapatkan menstruasi pertamanya pada usia 13 tahun, tapi ini sangat bervariasi.

🍁🍁🍁🍁🌸🌸🍁🍁🍁🍁

diskusinya seruuuuu :D pembahasannya tentang yang terjadi disekitar kehidupan keseharian aja gitu, macam ini contohnya:


  • anak TK dicieciein kalo ketemu sam atemen perempuannya yang suka sama dia. kaan kaan, saya juga dulu udah ngeceng loh waktu jaman TK karena lakilakinya asa keren gitu bisa main ayunan sambil bediri. hhaha #receh pisan. ternyata oh ternyata, momi kece squad menjawab kalo ternyata dibilang dewasa sebelum waktunya dipengaruhi lingkungan sekitar misal karena medsos, obrolan orang dewasa, dll harus dikenalin juga adab berteman lakilaki dan perempuan
  • waktu yang tepat buat mengenalkan pubertas kirakira kan yaa tepatnya? hmmm, sebelum anak pubertas, bisa dijelaskan kalau nanti bakalan ngalamin hal ini, ini, ini, dan itu normal semua orang juga akan megalaminya, ibu juga dulu gitu ayah juga. biar anaknya ga shock duluan. macam saya dulu, tibatiba mens waktu kelas 6 SD, ini apaan? ibu saya ga ngejelasin sebelumnya, kaget takut shock, ga nyaman, ga pd. dan janga sampai seperti itu terjadi sama anak kita. insyaallah kita udah banyak belajar tentang hal ini. ga usah tabu lah ngebahasnnya.
bismillah. mampukan kita semua mendidik anakanak kita agar mampu membekalinya dengan ilmu ini ya Rabbana. amiin

sekian ajah

xo,
ibunaShakil





Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Theme by: Pish and Posh Designs