tentang lahiran : part 2

Jumat, 10 Juni 2016

sampe mana tadi, hhaha

sampe pembukaan 4 yaaa,
kalo ga salah ini tuh jam 8an, suami ijin ga nemenin dulu, dia harusnya ngawas yang tes sbmptn hari itu, jadi datengin panitianya buat ngensel ngawas, buat nemenin istrinya lahiran.
yang nemenin mamah,

disuruh makan sama bidannya, tapi gw nya juga udah ga kepikiran, tapi ntar gmana kalo pas mau ngeberojolin ga ada tenanga, yauda, telor rebus yang udah dibawa dimakan beberapa gigit, muesli juga dimakan beberapa suap, udah gitu aus mulu. jadilah pengen pipis. turun dari kasur ke kamar mandinya lumayan kejar2an sama kontraksi, hhaha. pokonya harus udah balik lagi ke kasur sebelum kontraksinya muncul lagi. dan berhasiil, yeeeee, #apaan si

udah gitu, pa suami udah balik lagi nemenin, mamah nunggu di luar. kedengeran sih babacaan ngaji2 berbagai macam surat2. suami juga ga berenti ngaji dan bacabacaan solawat dan temennya. gw dengerin sambil ikut nyimak.
pas tiap kontraksinya dateng, suami ga berenti buat ngingetin buat ngambil nafas sama fokus.

jam10an diperiksa lagi, udah pembukaan7, dan diinfusan gw ditaroin 'obat'
ga bilang apaan, tapi suami gw tau. dan dia ga bilang-bilang.

dari situ, sakit kontraksinya udah level ujian nasional. masih bisa ambil nafas buang lewat mulut, tapi fokus udah mulai ilang, udah kerasa sakit, tak hentihentinya suami ingetin terus buat nafas, sambil terus berdoa, gw ngeremes2 tangan dia tiap kontraksinya datang sambil sedikit teriak
'aa atuuh aa sakiiiiiit..'
dia bilang 'tenaganya disimpen, fokus ayangnya, nafas'
'da kamu mah ga ngerasain sakitnya, huwaaaa  sakiit' sambil ngambil nafas buang nafas nahan sakit.
'bentar lagi, insyaallah jam 10 juga udah lahiran'

berlangsung setiap semenit sekali,
udah jam 11, berati udah 8 jam kan dari pecah ketuban, meeen ini gimana pembukaan belom lengkap, kalo gw harus disesar or apalah itu tindakan yang lain gmana, mending dari awal aja sik, ga usah sakit2an nahan kontraksi yang udah level sbmptn.

makinnnn dahsyat gelombang itu datengnya, gaa nahaan, sampe udah pengen ngeden ajaa,
'aa bilangin siih ke bidannya, aku udah pengen ngeden inih'

bidannya dateng,
jam setengah12an..
gw udah kesakitan banget, kontraksinya udah ga puguh rasa.

'sok ngeden, tadi katanya udah pengen ngeden'
gw ngeden
'itu mah ngedennya di leher, tuh muka kamunya merah'
'digmanain atuh?' *udah baca, latihan, nonton tutorial cara lahiran, tapi pas prak na mah ngblank* hhaha
'yang greget atuh ngedennya'
mmmmmmngghggghhhh... sakiit sakiiitttt...
nafas yang, iyaaa gitu... pasti bisa
'eeh, g boleh gitu, istigfar, kasian dedenya, ayoo semangaat'
mmmmmmngghggghhhh... mmmmmmngghggghhhh... 'ibu bidan atuh tolongin, ini gimana ngedennya?'
'bukan gitu, ngedennya kaya kalo mau pup, gigi ketemu gigi'
*bidan yang asistennya meriksain denyut jantung anak bayi tiap bebrapa menit
'kalo sampe setengah jam lagi belom keluar bayinya, kamu di rujuk, dan cuman rumah sakit umum aja yang mau nerima, mau?'
ayooo yaang semangaat, itu adenya udah keliatan
mmmmmmngghggghhhh... mmmmmmngghggghhhh... mmmmmmngghggghhhh...
iyaaa gituu teruus, sambung nafas, pinter, teruus
mmmmmmngghggghhhh...
mmmmmmngghggghhhh...

*setelah sekitar 15menitan itu tragedi ngeden2an, pas adzan dzuhur anak bayi lahir, alhamdulillah ya Allah,

pas keluar dia batuk2, dilap sama bidannya, ditaro di dada gw, speechless, pengen nangis, tapi gtau, ntahlaah, rasanya bahagia, bersyukur, lega, plong, aneh, ko bisa, sakit mah udah ga inget,

abis gitu, umbilical cordnya anak bayi dipotong, sama ayahnya,
plasenta yang masih di dalem keluar, diberesin laah pokonya mah.

selanjutnya jait menjait, ituuu sesuatuu yaaa.. ngilu ngilu enyoy gimanaa gituu, udah ah, gamau dibahas, masih enyut2an sampe sekarang rasanya. belom ilang..

kata mamah, proses ngelahirin itu rasa sakitnya seperempat mati pas di cabut nyawa. masyaallah..
gw jadi ibu, officially, suami gw juga jadi bapa, kita jadi orang tuaaa..

semoga bisa jadi orang tua yang amanah ya, minta doanya semuanya.. moga anak bayi juga jadi anak yang sholeh, yang jadi penyejuk kedua orang tuanya, pengantar ke surga, aah pokonya mah semua yang baik - baik :D

sekian dulu ceritanya, kalo ada yang ngerasa keganggu mah yaa udahlaayaa, ga usah dilanjutin ngbacanya.

kami yang berbahagia

The Zidny

*setelah proses lahiran ini, gw jadi sayaaaaaaaang bangeet sama lakik gw, bisaa yaa dia nemenin dari awal, ngeliatin prosesnya, sabar nemenin gw, tapi udah gitu  kan gw bilang 'a, aku tadi pas lahiran berisik banget ya?' dia komen 'kamu mah cepet bosenan yang sama banyak ngeluh'
ELU belom tau aja rasanya kaya apaan kontraksi itu tjoy.

btw, obat yg disuntikin ke infusan itu tnyata cairan induksi
dan pengakuan suami gw, dia sempet tegang banget, pas bidan asisten mantau denyut jantung anak bayi, soalnya turun terus, 120 > 100 > 80, cuman ga bilang2 aja sama gwnya, 'ntar kamunya panik' tapi alhamdulillah selamat yaa

beres lahiran ditanya, pengen makan apaan?
gw udah mikirin ini dari sebelum lahiran, pengen banget hokben, hhahahaha.

udah aah..

anak bayi bangun, hyuuu :D




3 komentar :

  1. Ahahahaa ceritanya hampir sama mak, cm yg ngebedain, emak mah ngeden sampe lahir cm bntar, nah aku hampir 3jam, kebayang kan?

    BalasHapus
  2. Ahahahaa ceritanya hampir sama mak, cm yg ngebedain, emak mah ngeden sampe lahir cm bntar, nah aku hampir 3jam, kebayang kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. uwwooooowww, 3 jam ning? seriusan, capee pisan atuuh. eta anu 15 menitan wae ge pegel2 badannya ga ilang seminggu. hhoho.

      alhamdulillah yaaa, terlewati, asa ga kebayang sebelumnya mah :D

      Hapus

Theme by: Pish and Posh Designs