Ibu : Operasi kehamilan ektopik

Rabu, 09 Agustus 2017

Judulnya ngerii yess.. hhahaha..
Throwback dikit yaa.. dikit loo yaa jangan banyak banyak.. hhahaha
Jadi, tau hamil itu kira2 pas udah 8w usia kehamilannya. Salah ngitung hpht, jadi pas periksa pertama masih sekitar 3w, dokternya ga ngeliat apapun. Zzzzz..  *sekarang pengen ngomel deh jadinya sama ni dokter*

Periksa selanjutny 2minggu kmudian (perkiraan 5w padahal udah 9w), dibilang babynya udah aktif gerak, kageet aja dong, dikira palingan nemu kantong kehamilan, eh baby udah besar aja.
Seminggu setelahnya, ngeluh ngeluh perut keram sebelah kanan, hawatir kenapa kenapa, periksa ke bidan deket rumah, karena udah malem, dan dibilang ga kenapa2, baby aktif, bidan bilang karena efek nenenin shakil. Tapi aga curiga, meriksanya aga lama, tapi ga bilang apa2. Vidionya ada. *Abis liat lagi vidio itu, pengen maraaaaaah banget sama bidannya* tapi Allah punya rentjana lain yang lebih indah.
Ternyata bulan juni yang dikira masih dapet itu, ternyata itu ngflek. Udah hamil. Dan gatau kalo lagi hamil. Hhahaha. Ibu macam apa lah saya ini.
Karena sering keram yang dianggap biasa aja
"Kayanya kontraksi garagara nenenin shakil deh"
"Kayanya kecapean"
"Istirahat aja lah, lehaleha, ga usah ngerjain kerjaan apa apa, hhahaha"
Tapi, pas di bandung, karena khawatir 2 hari keram terus ga brenti, ahirnya diperiksain ke dokter kandungan. Dr. Fitri rezianne.
Hasil usg, belio bilang KE. Dan bilang dengan hati hati, harus dioprasi, karena membahayakan ibu. Bisa fatal kalo terus dibiarin. Dan ga bisa dilanjutin kehamilannya.
Lemaaassss. Pengen nangis. Tapi ditahan.
Dan untuk mastiin bener ga diagnosanya, dirujuk ke dokter sub-spesialis fetomaternal, dr. Jeffry di rs.santosa, kebetulan sore itu juga ada jam prakteknya.
Ngasi kabar ke pasuami, ga bisa nahan nangis. Dan dia bilang mau k bandung hari itu juga.
Dari klinik melong selesei konsul, langsung k rumah sakit. Nunggunya lumayan lama. Pas periksa, dijelasin sama dokternya sejelas jelasnya. Logatnya sunda pisan. Hhoho.
"Kalo liat dari hasil usg nya, bener ibu teh hamil, bayinya ada. Gerak aktif. Ni suara denyut jantungnya. (Kedengeran, masyaallah, baby akuuuu ) . Tapi, ada tapinya yaah, berkembang bukan di tempatnya, .........
Biasanya yang KE gakan ada yang bertahan sampe 8w, ini udah mau 13w, ibu masih kuat, hebatan. Ga ngerasa keluhan, da ga pendrahan keluar karena pendarahannys di dalem. Tuuuh liaat. Udah banyak ini pendarahannya. Harus segera dioprasinya.
Saya mah gabisa ngasih ketentuan kapan kapannya, tapi lebih cepat lebih baik. Mangga di kmbalikan lagi ke ibunya. Mumpung masih stabil kondisi ibu, mau ditindak dimana mah, mangga teu langkung."
Obrolan yang nyantai, ga bikin tegang. Tapi begitu keluar ruangan praktek lemaaaaassss bukan main. Sampe turun ke parkiran aja pake kursi roda saking lemesnya. Kata perawatnya pucet banget muka saya.
Nyampe rumah, istirahat, suami dateng jam 2 malem, subuh magh kambuh, sempet passed out, lemeeeessss banget.
Tapi masih mikir, ini magh ngeripuhin pisan. Hhuhu. Padahal mah efek hb yg udah rendah.
Hari sabtu, suami daftar ke rs, booking kamar dan segala rupa. Di rumah seharian main sama shakil, minum dugan, hhaha.
Minggu pagi siap2, packing, jam 10 udah berangkat, nyampe rs, masuk igd, diobserve, cek darah segala rupa (baru tau ada pengambilan sample dari kuping, kaya dihekter gitu, ceklek, hhhaha, buat apaan sih ini, kepo sumpah, dan begonya ga nanya, karena mereka super cepet kerjanya)
suami ngurusin admin, diinfo kalo oprasi sekitar jam 5an, ntar dikabarin lagi. setengah jam kmudian masuk ruang rawat inap. Dikontrol terus sma perawat tekanan darah.
Jam 12 an perawat dateng, Baru beres solat dzuhur, ngantuk pengen tidur. ngasi tau hasil cek darah. Hb 4. Dan oprasi dimajuin jadi jam1.
"Iya bu, jadi jam1, ini juga lagi pre-op"
Kageeeeeeeettt.. huwaaaa.. gimaaana ini yaa Allah, mudahkan lancarkaan. Lahaulawalakuwatailabillah..
Ganti baju oprasi, dibersihin bagian bawahnya, naek kursi roda k ruang oprasi. Ditemenin suami, bapa, kaka, ade. Shakil di rumah sama mamah. Belum dikasitau oprasinya dimajuin.
Dr.jeffry udah d ruangan oprasi, senyumin, saya kebelet pipis, ke wc dulu buat pipis. Abis itu jalan ke kasur oprasi. *dokter keheranan ngeliat saya yang masih bisa pipis dulu jalan ke wc, trus jalan ke tempat oprasi  hhhaha
Di kasur oprasi jam setengah 2an, dikasitau sama dokter anastesinya, bakalan bius total selama oprasi. Alhamdulillah ya Allah. Kirain bakal bius spinal kaya yg lahiran sc. Ngeriii ngebayanginnya.
Tim masang alat segala rupa, ngasitau kalo anastesinya mau dimasukin, berdoa yaaa.
Disitu langsung baca alfatihah, syahadat apalagi yaa ga inget. Udah ga sadaar ajaaa.
Sadar sadar, eh setengah sadar ding, hhihi, udah di ruang pemulihan. Ada suami, sama tim operasi, tapi suami gantian sama bapa. Bapa mijitin kaki. Saya bilang "pengen pipis, pengen pipis, ini kaki boleh ditekuk ga?  Pegeel, dingiiin" Alhmdulillah boleh ditekuk. Abisan pegel pisan. Hhaha.
Jam berapa sekarang? Jam 5 dooong.
Oprasinya 2jaman tadi.
Udah aga stabil kondisinya, pindah ke ruang rawat inap. Di depan lift, ada mbah putri mbah kakung, sodara2 yang nungguin.
Mereka mau masuk, tapi ga dibolehin lamalama. Nanya2 juga ga dijawab sama suami. Dia ngaji aja nemenin saya. Saya senyum senyum aja. "Doanya yaaa"
Terus pas mereka pada pulang "bukannya ga sopan ya tadi a ngaji aja, biar kamunya istirahat"
Hhahaha..
Tadi dokternya ngejelasin apa aja a?
Dia diem bentar tarik nafas...
Ngejelasin kondisinya saya kaya apa..
....
"Maafin aa yah, hampura"
Naha minta maaf?
"Iyaa sampe ayang kaya gini"
Udah ah, sampe sini aja ceritanya.
Panjang teuing yaa..
Hhahaha..
Kalo nanya biaya berapaeun?
Alhamdulillah semua dikover bpjs. Ga bayar sama sekali.
Tapi pas nanya ke bagian billing bilang, masih ada sisa 2jutaan dari plavon.
Ga ngerti lah saya ini mah itungannya kaya apaan.
Terimakasih buat semuanya. Buat doanya.
Alhamdulillah, rumah sakit sangat sangat sangaaaat profesional sekali menangani pasiennya. Pelayanannya juga bagus banget.
Alhamdulillah semua dimudahkan sama Allah.
Semoga kita sehat sehat terus yaaa.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Theme by: Pish and Posh Designs