Discovering Shakil's Learning Styles day#1 ~ i like this i like that, ibu

Jumat, 02 Februari 2018


Assalamualaikum semuanyaa..

Whuuuii, masuk ke game level 4 ni, dan mulai mmati gaya karena udah lama ga nulis. hhaha. semoga di tantangan ini lebih semangat nulis, biar perolehan badge juga meningkat dong. hhehe, jadi jadi jadi, materi yang sekarang itu menentukan tipe pembelajar apakah anak kita?

Visual kah? Auditori kah? atau Kinestetik?


Hmm, kalo selama ini mengamati, Shakil sih kecenderungannya pembelajar yang kinestetik. you know laah yaa lasaknya kayak apaan. hhoho.
tapi ding, dia pun auditori, soalnya seneng dengerin cerita, apalagi kalo pake nada intonasi mimik yang heboh lebay. bisa merhatiin. dan ketika ditanya tentang apaan tadi ibu cerita, bisa ngejawab.
pun sepertinya visual juga sih anaknya. attention to details banget soalnya. kaya gampang nemuin suatu benda yang ada di gambar. atau kalo main flash card, cepet inget kalo yang ada gambarnya. ngeidentifikasi baju siapa ketika ibu lagi lipet-lipet pun dapat dengan mudah dia kenali.

jadi cenderung yangmana nih sebenernya? itulah tugas ibu di tantangan bulan ini. untuk menyelidiki lebih dominan dimana. hhehe. pasti nyenengin banget merhatiin kelakuan anak kecil yang udah ga kecil lagi ini belajar bareng tiap hari. ayah pasti envy. hhaha

kalo strategi ibu sih, belajarnya tiap hari ada yang menstimulus visual, auditory sama kinestetiknya. ntar diliat lebih enjoy yang mana. udah dibuat rancangan belajarnya mau ngapain aja. ntar ditambahin deh disini gambarnya.

Auditory Activity

Command Game
Jadi, untuk ngelatih konsentrasi fokus dan juga auditorinya, ibu minta Shakil untuk ambil beberapa benda dan dimasukkan ke dalam box. Shakil paham ga yah perintah ibu. hhehe
Contohnya:
  1. hmm, ibu mau Shakil ambil raket nyamuk yaa
  2. de, coba tolong cari peci mbah dong, terus masukin ke box
  3. selimut shakil dimana yaaa, kita masukin ke dalam box yu

pertama coba dulu dengan satu jenis perintah, kalo udah paham, lanjut sama 2 perintah



Diakhir game, Shakil pengen masuk ke dalem box dan minta ibu buat dorong boxnya keliling rumah. hhaha.

>>> Shakil bisa ikutin perintah ibu, paham dan fokus mencari benda yang ibu sebutkan. well done bageur.

Visual Activity

Tracing Hand
yang disiapkan cuman kertas sama krayon doang, sama tangan Shakil sih, hihihi

Sebelumnya, shakil ga suka tangannya di tracing, ga mau. tapi lama - lama mungkin dia penasaran. trus bikin deh. ibu minta Shakil buat mewarnai tangan yang sudah di gambar.
masih sesuka hati aja mewarnainya. hhaha. ibu contohin dulu sebelumnya. menikmati tapi ga lama. malah mainin krayonnya. sambil diapungiin, 'teeebaaa, buuu saaawaaat buu, uuu'
anak siapa yaaa.. hahaha
hasil mewarnai sesuka hati :D
>>> masih belum terlalu suka mewarnai, tapi ibu kasih tau, dia mendengarkan dan berusaha untuk mencoba :D

Kinestetik Activity

Home Tour
Jadi pas Shakil minta ibu dorongin pake box, ibu ajak aja keliling rumah, sambil cerita. sambil naik turun box berkali kali.
#anggap aja ini bagian dari kinestetik activity, hhahaha
Ini kamar ateu Sipa, wuaah lihat banyak bajuu yaa, nanti kita beresin yaaa
Ini kamar mandi, kalo mau pipis atau ee disini yaa, bilang dulu sama ibu
....

Shakil menikmati. sambil tanya balik, ini kamar siapa? Ini dapur tempat apa? yaa semacam itulah.

gittuuu ajaa, hari pertama kita belajar. dan ibu mengamati, shakil lebih ke auditory sih. tapi penyelidikan kita belum berakhir. lanjut hari kedua yess, seeyou tomorrow.

bis spatter << ibu lagi les basa jerman, hhaha

wassalamualaikum
xo,
ibunashakil

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Theme by: Pish and Posh Designs