Shakil Suka Math day#2

Sabtu, 31 Maret 2018

Assalamualaikum

hay hay, udah hari kedua tantangan nih, udah keidean mau belajar logic-mathnya ngapain? hhaha, kalo ibu ga punya ide, ngblank, suka nyari di pinterest, as always, hhaha. soalnya kan visual banget orangnya teh, jadi ngerasa berbinar aja gitu liatin gambar-gambarnya.

nah, kadang kan suka bingung, aktifitas macam apaan aja yang bisa menstimulus anak kita biar suka sama matematika. soalnya kalo cuman sekedar bikin BISA matematika mah sudah biasa, naah yang rada peer kan gimana bikin SUKA sama matematika. hhehe
" Membuat anak BISA itu mudah, membuatnya SUKA baru tantangan "

nih, ibu kasih bocoran lagi, dari materi bunsay level 6 juga ini dapetnya. :D

STIMULASI MATEMATIKA LOGIS DI SEKITAR KITA

🍂 Bermain Pasir
Dengan bermain pasir anak sesungguhnya belajar estimasi dengan menuang atau menakar yang kelak semua itu ada dalam matematika.

🍂 Bermain di Dapur
Saat berada di dapur, kita bisa mengenalkan konsep klasifikasi dan pengelompokan yang berkaitan dengan konsep logika matematika, misalnya dengan cara anak diminta mengelompokkan sayuran berdasarkan warna.

🍂 Belajar di Meja Makan
Saat dimeja makan pun kita bisa mengajarkan pembagian dengan bertanya pada anak, misalnya supaya kita sekeluarga kebagian semua, roti  ini kita potong jadi berapa ya? Lalu bila roti sudah dipotong-potong, angkat satu bagian dan tanyakan seberapa bagiankah itu? Hal ini terkait dengan konsep pecahan.

🍂 Belajar Memahami  Kuantitas
ketika melihat akuarium, tanyakan berapa jumlah ikan hias di akuarium tersebut?

🍂 Belajar mengenalkan konsep perbandingan, kecepatan, konsep panjang dan berat
Menanyakan pada anak roti mana yang ukurannya lebih besar, roti bolu atau  donat?
Mengenalkan dan menanyakan pada anak, mana yang lebih cepat,  mobil atau motor?
Mengenalkan dan menanyakan ke anak mana yang lebih tinggi  pohon kelapa atau pohon jambu?
Menanyakan ke anak mana yang lebih berat, tas kakak atau tas adik?

🍂 Kegiatan di Luar Rumah
Mengajak anak berbelanja, ketika kita mengajak anak berbelanja, libatkan ia dalam transaksi sehingga semakin melatih keterampilan pengoperasian seperti penjumlahan dan pengurangan. 


hari kedua ini, ibu nyari ide buat bikin diorama dari rumbel craft, sumber inspirasinya pinterest. hhehe. nah, sebelum jadi dioramanya, para penghuni lautnya ibu guntingin kan, shakil liat, dan pengen mainin. padahal belom dilaminating. hayuuu lah main. hmm yang berhubungan sama math apaa yaa?



Mencari dan menghitung bersama ibu, mainannya  gimana ini jadi?
sebelumnya kita sebutkan hewan lautnya apaan aja. yang sebelumnya shakil tau baru ikan aja, sama ikan paus juga deh, hhoho. terus kita belajar hewan yang lain, kepiting, kura-kura, ikan hiu, gurita, cumi-cumi, bintang laut, kerang mutiara, dan lain lain.

yang gemesin pas ini, dia ambil kepitingnya, terus ditempelin ke tangan saya
'capiiit, capiiit ibuu, piting capit ibu'

dan ibu ga pengen bikin kecewa, lalu berektinglah 'aduuh, sakiit, sakiit, aaw aww' sambil ceritanya mengaduh kesakitan. dan dia ketawa ngakak. hhahaha

nah abis nyebutin hewan apa aja, ibu minta shakil mencari hewan hewan tersebut. ini salah satu permainan yang dia tidak bosan loh.
'coba carikan ibu ikan paus!' --> kan cuman ada satu, jadi masih pemanasan
'sekarang, ibu minta shakil carikan bintang laut!' --> ini ibu bikin 5 biji, keder keder dah nyarinya, hhaha
'waaaw, masih ada yang lain looh bintang lautnya, cari lagi yuuu!'
'yeaaay, udah ketemu semua? kita sama sama hitung yuu bintang lautnya!'

yaa semacam itu lah, live with toddler harus sealay mungkin. wkwkwkw.

udah ah,
lanjut besok game level6nya. semangat teruus. jangan kasih kendor.
hhehe.

wassalamualaikum,

xo, ibunashakil
*ps lagih, masih ngerjain di pc, ga nemu ceri
*siapa juga yang nanya wew


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Theme by: Pish and Posh Designs